fbpx

Perawatan dan Pemakaman Jenazah Terlantar

Kematian adalah sesuatu yang pasti dan tak ada seorang pun juga yang akan luput dari kematian, semua makhluk Allah akan merasakan dan mengalaminya. Tak ada yang mampu mengetahui dan bisa mendeteksi kapan dia akan dijemput oleh malaikat Izrail karena ini merupakan rahasia Allah, hanya Dia semata yang mengetahui kapan kita akan menghadap-Nya.

_Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”  (Ali Imran:185_

Ketika kematian datang tentu setiap orang menginginkan agar jasadnya dirawat dan dikebumikan dengan sebagaimana mestinya. Namun tak sedikit jenazah-jenazah terlantar yang berserakan di jalanan, tumpukan sampah bahkan aliran sungai. Ada yang terjadi karena kecelakaan tapi ada juga yang sengaja dibuang tangan-tangan tidak berperikemanusiaan.

Melihat kenyataan seperti itu, rasanya hati teriris, jasad menangis. Bagaimana bisa sekujur tubuh yang sudah tak bernyawa lemah tak berdaya ditelantarkan begitu saja tanpa ada satupun yang menolongnya. Padahal hukum merawat jenazah itu fardhu kifayah. Artinya wajib dilakukan oleh setiap muslim.

Sudah sekian tahun Yayasan Anugerah Tuhan Hafara bergerak merawat dan memakamkan jenazah terlantar. Tak jarang banyak dering televon berbunyi dan mengabarkan “_Ada jenazah terlantar”. Tim pun langsung bergerak ke lokasi membawa jenazah terlantar itu kerumah singgah Hafara. Mensucikan, mengkafani, menyolatkan hingga memakamkannya ke makam khusus Hafara yang biasa disebut _”_Sepi Pamrih Tebih Ajrih”_

Sebab itu, kami mengajak #orangbaik untuk ikut serta dalam gerakan kebaikan merawat dan memakamkan jenazah terlantar. Karena pahala yang mengalir akan menjadi penolong perjalanan ke akhirat kelak. Amin.

Mari berdonasi !!!