fbpx

Salam Owner

Assalamualaikum Wr Wb

Salam Kesetiakawanan Sosial

Sahabat Hafara, dalam setiap kemudahan yang ada dalam hidup kita bersumber dari kebaikan-kebaikan yang kita lakukan sebelumnya. Kebaikan itu seperti  sedekah ataupun melaksanakan kewajiban zakat. Berbeda dengan zakat yang spesifik merujuk pada penghasilan, hasil perdagangan ataupun simpanan, sedekah lebih fleksibel. Sedekah dapat kita lakukan kapanpun. Meskipun demikian, zakat adalah kewajiban yang tidak bisa kita gantikan dengan sedekah.

Sahabat, dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan : “Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu diantara kalian mengembangbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.”

Kebaikan dari sedekah sangat banyak sekali. Diantaranya : Hidup semakin berkah, Bisa menolak bala, Dimudahkan mencari rizqi yang halal, Harta yang disedekahkan akan kekal di sisi Allah, dan Berlipatganda pahala. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk bersedekah?

Nabi SAW berpesan melalui hadist riwayat Bukhari dan Muslim: “Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya.”

Sahabat Hafara, mumpung masih sehat, mari kita berkontribusi untuk kemaslahatan umat.

Wa’alaikumsalam Wr Wb

Chabib Wibowo

Owner Yayasan Hafara