fbpx

Pendampingan Orang Dengan Ganguan Jiwa

“Awas orang gila, ayo lari”

Adalah kalimat yang banyak kita dengar ketika kita berpapasan dengan orang yang mengalami gangguan jiwa. Bahkan tak jarang, anak-anak kecil menimpuki mereka dengan batu. Padahal mereka tidak salah apa-apa. Pernahkah terfikirkan oleh kita, jika itu menimpa sanak keluarga kita. Karenanya, Yuk kenalan dulu apa itu ODGJ.

Gangguan Jiwa adalah salah satu penyakit yang dapat diderita oleh siapa saja. Penyakit yang mempengaruhi otak dan menganggu keseimbangan kimiawi ini biasa disebut gangguan mental. Penderitanya disebut Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).  Ada bermacam-macam contoh penyakit ini disekitar kita : depresi, bipolar, anxiety (kecemasan), stress pasca trauma (PTSD), skizofrenia dan banyak lagi.

Dari banyaknya penyakit ini, masyarakat kebanyakan tidak peduli dan memandang sebelah mata kepada mereka. Mereka dikucilkan bahkan dibuang. Di lempar batu, di siram air, hingga ada yang brutal sampai di bakar. Padahal orang ganguan jiwa ini menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan HR Ahmad, akan dijamin surga. Tidakkah kita merasa berdosa telah menyakiti mereka?

Yuk jangan lagi pandang mereka menggunakan sebelah mata. Mulailah memanusiakan manusia dengan menyayangi mereka. Hafara sebagai satu-satunya panti khusus untuk orang dengan gangguan jiwa siap membantumu belajar menyayangi mereka.